Friday, April 17, 2009

Tips - tips merawat notebook

1. Bersihkanlah notebook anda secara teratur. Gunakan kain lap yang lembut , pada saat membersihkan jangan menekan terlalu keras pada permukaan notebook. Hal ini akan merusak hadware yang ada didalam notebook.

2. Jangan meletakan minuman didekat notebook. Hal ini untuk menghindari tumpahnya air keatas notebook. Sebab bila hal ini terjadi maka akan mengakibatkan notebook anda korslet.

3. Hindari meletakan barang – barang elektronik yang mempunyai medan magnet yang kuat didekat notebook. Karena hal ini akan mengakibatkan performa notebook jadi terganggu.

4. Jangan meletakan adaptor sembarangan. Hal ini untuk menghindari adaptor dari benturan atau tertimpa benda yang mengakibatkan kerusakan berat pada adaptor.

5. Usahakan notebook mendapatkan vetilasi yang cukup, jaga agar aliran udara lancer. Ventilasi notebook yg kurang baik akan menyebabkan panas yang berlebihan sehingga komponen elektronik di dalam notebook akan menjadi cepat panas dan menimbulkan overheating.

6. Bersihkan file – file yang tidak berguna. Hal ini bisa dilakukan dengan menggunakan Disk Cleanup. Lakukanlah minimal satu bulan sekali.

7. Defrag hardisk secara berkala, hal ini berfungsi untuk mengurutkan file – file yang ada didalam harddisk berdasarkan jenis file sedemikian rupa sehingga akan mempermudah proses read/write pada saat notebook dijalankan. Hal ini akan membuat beban kerja hardisk lebih ringan yg akhirnya dapat memperpanjang umur harddisk.

8. Tutuplah program yang tidak dipakai. Hal ini untuk mengurangi beban kerja memori dalam notebook anda. Karena dengan semakin banyak program yang dijalankan maka beban kerja memori semakin besar. Selain itu notebook anda akan terasa lambat dalam mengakses program.

9. Install program antivirus. Untuk mencegah masuknya virus kedalam notebook anda. Dan pastikan antivirus anda selalu ter update.


Post by : Maulana

0 comments: