Wednesday, April 15, 2009

Tips - tips merawat baterai notebook

Salah satu komponen yang sangat penting dalam notebook adalah baterai. Dimana baterai berfungsi sebagai tenaga cadangan ketika power listrik dalam keadaanv off. Oleh karena itu perlu diketahui bagaimana agar baterai notebook yang kita pakai bisa tahan lama dan berfungsi baik. Disini ada beberapa tips untuk merawat baterai :

1. Jangan pernah menggunakan baterai yang tidak sesuai dengan tipe notebook kita.
Untuk mengecek jenis baterai yang kita pakai bisa dilihat pada petunjuk penggunaan notebook, biasanya disertakan waktu pembelian notebook. Atau bisa juga dengan menghubungi customer service dari produsen notebook yang bersangkutan.


2. Hindari menggunakan notebook di atas paha, di atas karpet, ataupun di atas kasur karena permukaan yang lembut seperti itu akan menghambat aliran udara di bagian bawah notebook juga mengganggu kinerja fan. Selain itu debu akan cepat menumpuk disaluran udara. Sehingga menyebabkan aliran udara tidak sempurna dan menimbulkan baterai overheating.

3. Jangan pernah meletakan beban diatas notebook karena hal ini akan menyebabkan sirkuit di dalam baterai menjadi rentan terjadi hubungan arus pendek (korslet) yang kemudian mengakibatkan baterai overheating.

4. Hindari pula kontak pada dudukan baterai yang longgar dengan aneka benda yang terbuat dari metal.

5. Jangan pernah meletakan notebook diruangan yang terkena pancaran matahari langsung.

6. Jangan pernah meletakan notebook diatas benda yang bergetar hal ini akan menggangu sirkuit dalam baterai.

7. Kabel sebaiknya dalam keadaan tergulung rapi, hindari meletakan kabel di area yang menjadi lalu lintas orang. Selain menghindari orang yang terjatuh, juga menghindari pemutusan listrik secara tiba – tiba apabila kabel terputus.

8. jangan pernah menumpahkan cairan di atas notebook karena hal ini akan mengakibtakan sirkuit di dalam notebook ataupun baterai akan berkarat.

9. Gunakanlah notebook sesuai dengan petunjuk penggunaan.


Post by : maulana rahman

0 comments: