Wednesday, April 8, 2009

Tips - Tips dalam memilih notebook

Pada saat ini notebook bukan merupakan barang yang aneh lagi di masyarakat. Di kantor, di sekolah bahkan direstoran atau di kafe sudah menjadi pemandangan biasa orang memakai notebook.


Untuk tahun ini saja diperkirakan penjualan notebook akan menyamai rekor penjualan desktop, sungguh suatu fenomena yang sangat mengejutkan karena dulu notebook yang dianggap sebagai barang mewah kini menjadi suatu hal biasa. bahkan menjadi suatu kebutuhan.

Apalagi dengan berkembangnya teknologi internet sekarang ini semakin mendorong kebutuhan akan suatu hadware yang comfortable dan mempunyai akses yang sangat bagus. Yang salah satunya dapat dipenuhi oleh notebook.

Adapun dengan semakin banyaknya jenis dan merek yang ada saat ini memberikan banyak pilihan buat anda dalam memilih notebook.

Dalam memilih notebook saya memberikan tips – tips yang bagus buat anda :

1. Tentukan jenis notebook yang ada butuhkan
Sebelum anda membeli notebook, tentukan jenis dan kebutuhan anda, untuk apa anda membeli notebook ? misalnya anda hanya menggunakan untuk bekerja dalam system Microsoft office saja maka anda tidak perlu membeli notebook dengan spesifikasi yang tinggi dibandingkan dengan notebook yang digunakan untuk games atau desain grafis.

2. Cek kelengkapan hardware
Didalam perangkat notebook biasanya sudah terpasang hardware pendukung untuk aktifitas kita. Misalnya Bluetooth, Irda, Modem, Wbcam, NIC, Card reader dll. Untuk yang senang browsing internet tentu hardware seperti modem, NIC minimal sudah terpasang. Apalagi untuk penggunaan diluar ruangan yang tidak memungkinkan adanya jaringan LAN, spesifikasi notebook harus ditambah dengan adanya WIFI untuk koneksi jaringan secara wireless. Dan untuk yang senang photograpy tentu selain port USB, Card reader juga minimal sudah terpasang.

3. Cek ukuran notebook
Untuk anda yang sering bekerja dengan gambar tentu bentuk layar yang lebar lebih disukai dari pada layar yang kecil. Selain itu untuk anda yang sering beraktifitas keluar kantor maka notebook yang berukuran kecil dan ringan lebih bagus buat anda.

4. Cek daya tahan baterai
Untuk daya tahan baterai pada notebook sangat bervariasi dari 3 jam sampai 12 jam ada. Hal ini tergantung aktifitas anda juga, kalau sering keluar ruangan baterai dengan daya tahan lama lebih cocok.

5. Cek Operation system yang sudah terinstall
Biasanya untuk notebook sudah terinstall operation system didalamnya misalnya Microsoft windows, Linux, Mac dll. Kalau anda sudah terbiasa menggunakan system operasi Windows lebih bagus menggunakan notebook dengan Operation system windows daripada Linux. Hal ini lebih memudahkan dalam mengoperasikan notebook anda.

6. Cek Harga
Bandingkan kualitas yang anda dapatkan dengan harga yang ditawarkan. Tentunya dengan kebutuhan notebook yang mempunyai spesifikasi yang tinggi harganya akan tinggi juga, selain dari merk notebook itu sendiri.
Hal ini tentunya kembali kepada jenis dan spesifikasi notebook yang anda butuhkan.


Post by : Maulana rahman

0 comments: